Kurikulum
Kurikulum Sekolah
Ø Kelas
1 sampai 6 menggunakan kurikulum
2013 yang diintegrasikan dengan kurikulum dari
Departemen Penjaminan mutu Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia.
Ø Kurikulum Al Qur’an : BTA,
tahsin, tahfizh.
Ø Muatan lokal SDIT : Bahasa Ingris,
Bahasa Arab, TIK.
Beban
Kurikulum 2013
Kelas 1 dan 2 |
Kelas 3 |
Kelas 4, 5, dan
6 |
Agama Islam |
Agama Islam |
Agama Islam |
Tematik Integratif |
Tematik Integratif |
Tematik Integratif |
PJOK |
PJOK |
PJOK |
Bahasa Arab |
Bahasa Arab |
Bahasa Arab |
Bahasa Inggris |
Bahasa Inggris |
Bahasa Inggris |
Tahsin dan Tahfidzul Qur’an |
Tahsin dan Tahfidzul Qur’an |
Tahsin dan Tahfidzul Qur’an |
|
Teknologi Informasi dan Komputer
(TIK) |
Teknologi Informasi dan Komputer
(TIK) |
|
|
Matematika |
Ketuntasan
Belajar Minimal (KBM)
Ø KBM
ditentukan untuk setiap Kompetensi Dasar.
Ø Untuk
ranah pengetahuan dan keterampilan 75 untuk skala 100.
Remedial
Ø Siswa yang tidak mencapai KBM pada
penilaian harian akan mengikuti program
remedial.
Ø Remedial berupa penjelasan ulang, penugasan,
latihan-latihan soal, ditutup dengan ujian ulang.
Ø Dapat
dilaksanakan pada jam belajar maupun diluar jam belajar, klasikal maupun
individual.
Ketentuan
Penilaian
Ø Penilaian harian diberikan setelah selesai minimal
1 Sub tema.
Ø Penilaian akhir semester dilaksanakan di akhir
semester dan materi yang
diujikan dimulai dari awal semester.
Ø Penilaian akhir tahun dilaksanakan di akhir tahun pelajaran dan materi syang diujikan dimulai dari awal semester.
Ketentuan
PR
Ø PR
diberikan dalam rangka menambah pemahaman siswa dan membentuk kultur belajar
siswa di rumah.
Ø Diberikan
maksimal 3 buah PR dalam sepekan.
Ø Untuk
PR tematik diselesaikan dalam pekan tersebut (sebelum selesai satu sub tema).
Ø Untuk
PR mata pelajaran boleh ditagih paling cepat setelah melewati hari sabtu dan
ahad.
Ø Alokasi
waktu pengerjaan PR diperitungkan kira-kira 40% dari tatap muka.
Kurikulum Al-Qur’an
Kelas | Sem | Target | Buku |
1 | 1 | Siswa dapat mengenal dan mengucapkan huruf hijaiyah, membaca huruf berharakat fathah, kasrah, dhommah, dan sukun, serta huruf bersambung Tahfizh : Surah An-naas – Al-Qori’ah | 1 |
2 | Siswa dapat membaca harakat tanwin, tasydid, bacaan mad Ashli, alif-lam Syamsiyah dan alif-lam qomariyah Tahfizh : Surah Al-’Aadiyat – Al-’Alaq | 1 | |
2 | 1 | Siswa dapat membaca hamzah washal, tanda shifr mustathil dan shifr mustadir, izhar, mim sukun, nun-mim tasydid, ikhfa’, dan idghom bighunnah dengan baik Tahfizh : At-Tiin – Al-Balad | 2 |
2 | Siswa dapat membaca idghom bi laa ghunnah, iqlab, hukum mim mati, mad jaiz dan mad wajib, mad lazim, waqof dan tanda panjang Tahfizh : Al-Fajr – Al-Buruj | 2 | |
3 | 1 | Pemantapan materi dengan tilawah terbimbing juz 1 – juz 2 Tahfizh : Surah Al-Insyiqoq – Al-Infithar | |
| 2 | Pemantapan materi dengan tilawah terbimbing juz 3 – juz 4 Tahfizh : At-Takwir – An Naba’ | |
4 | 1 | Pemantapan materi dengan tilawah terbimbing juz 5 – juz 7 Tahfizh : Al Mursalat – Nuh | |
| 2 | Pemantapan materi dengan tilawah terbimbing Juz 8 – 10 Tahfizh : Al-Ma’arij – Al Mulk |
Copyright © 2020 SDIT Al-MUMTAZ KALBAR PONTIANAK . all rights reserved.